Urgensi Pendidikan Politik Di Indonesia

Masyarakat yang kurang begitu memerhatikan bahasa pasti tidak terlalu peduli mana yang benar mana yang salah. Akhirnya penulis merekomendasikan kepada Media Pinter Politik harus selalu menaati Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media Siber, supaya berita yang disampaikan bisa selalu bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat. Akibatnya, mau tidak mau, negara tidak bisa mengabaikan kehadiran agama dalam praktik hubungan internasional. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi ilmu pengetahuan dalam memahami definisi politik luar negeri yang benar. Etika yang mereka terapkan sesuai dengan yang ada di dalam Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media Siber. Ada beberapa tahapan dalam pemberitaan di Media Pinter Politik TV yaitu pertama rapat redaksi, kedua penulisan berita, ketiga verifikasi, keempat pembuatan animasi dan video, kelima koreksi dan ralat dan yang terakhir publikasi. Penerapan bahasa jurnalistik yang baik dapat memudahkan pembaca dalam memahami isi berita, terutama berita politik. Kemudahan teknologi kini memudahkan masyarakat Indonesia untuk mengakses berbagai macam berita. Fenomena pelanggaran kampanye menggunakan isu SARA ini menjadi sebuah realitas sosial yang menarik untuk dijadikan bahan pemberitaan dalam media massa. Pihak media juga diharapkan tetap memantau para wartawan dan memberikan evaluasi agar lebih memahami tugas yang telah diberikan, juga diharpkan mampu lebih maksimal dalam menerapkan cover both side dan evaluasi sisi positif dan negative pada berita, akan lebih baik sebelum menayangkan suatu berita perlu dilakukan cek dan ricek.

Hasilnya penulis menemukan bahwa: Penerapan keberimbangan (cover both side) pada berita politik di Jambi TV secara umum belum semua menerapkan kriteria yang menjadi penilaian keberimbangan pada pemberitaan tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana penerapan cover both side pada berita politik di Jambi TV itu sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada dua yaitu wawancara dan dokumentasi. Selain itu teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dan dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan data. Sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan analisis data secara reduksi data, display datadan verifikasi data dan juga termasuk metode peneitian gabungan (mixed methods). Namun di sisi lain, Indonesia harus pula peka terhadap realitas politik yang terjadi di antar negara dalam kawasan ini. Istilah ini disebut dengan maksud yang sama namun, secara umum lebih sering disebut dengan bahasa jurnalistik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Surat Kabar Harian Haluan Riau memang menerapkan bahasa jurnalistik dalam penulisan berita politik tapi, belum cukup baik karena masih banyak ditemukan kesalahan-kesalahan dalam penulisan berita Politik yang diterbitkan.

Dari 15 berita, hanya 3 berita yang menerapkan bahasa jurnalistik sementara 13 berita lainnya tidak menerapkan bahasa jurnalistik dalam penulisan lead berita politik. Dengan kebebasan berpendapat banyak orangorang atau media yang menggunakan YouTube untuk menyebarkan suatu informasi atau berita, dengan akses yang mudah dan juga mendapatkan uang dari YouTube. Selanjutnya, penulis menganalisa data tersebut dengan menggunakan metode analisis isi dengan teknik analisa deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menjelaskan permasalahn yang diteliti dengan kata-kata kemudian, dipisah menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini melakukan penelitian mendalam dengan mengumpulkan data yaitu berita-berita partai NasDem dan melakukan wawancara dengan pihak terkait untuk mendapatkan data secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika jurnalistik dalam pemberitaan dan berita politik di YouTube dengan meneliti di channel YouTube PinterPolitik TV dan juga untuk mengetahui fakta pemberitaan dan prosedurprosedur yang ada di Media Pinter Politik. Dengan periode konten dari 3 Februari 2020 sampai dengan 12 Juni 2020. Hasil penelitian dalam skripsi ini sebagai berikut Channel Pinter Politik TV sudah menerapkan etika jurnalistik dengan benar dalam memberitakan berita politik. Tujuan dari disusunnya Skripsi ini adalah untuk mengetahui analisis wacana mengenai tayangan berita politik sekaligus naskah tersebut.

Langkah-langkah yang dapat diambil oleh Menteri Luar Negeri yang dimaksudkan dalam ayat ini dapat bersifat preventif, seperti pemberian informasi tentang pokok-pokok kebijakan Pemerintah di bidang luar negeri, permintaan untuk tidak berkunjung ke suatu negara tertentu, dan sebagainya. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian pustaka yang bersifat deskriptif. Disini ditegaskan pula bahwa hubungan luar negeri dan politik luar negeri didasarkan pada Pancasila, UUD 1945 dan GBHN, bahwa politik negeri Indonesia adalah Bebas Aktif yang diabdikan demi kepentingan nasional.Diplomasi juga harus bersifat kreatif, aktif, dan antisipatif, tidak sekadar rutin dan reaktif, teguh dalam berpendirian, serta rasional dan luwes dalam perdebatan. Hubungan yang dilakukan antarnegara tidak lepas dari kepentingan negara masing-masing. Pertemuan Duta Besar Amerika Serikat dengan Menteri Pertahanan Indonesia, dilanjutkan dengan pertemuan antara menteri pertahan kedua negara dalam menyepakati lanjutan kerjasama bidang pertahanan keamanan Amerika – Indonesia adalah bentuk nyata komunikasi internasional secara perspektif diplomatikmelaluiofficial transaction, dimana aktor yang terlibat didalamnya adalah pejabat pemerintah yang mewakili entitas negaranya masing-masing. Pendidikan politik juga harus merupakan bagian proses pembaharuan kehidupan politik bangsa Indonesia yang sedang dilakukan dewasa ini dalam rangka usaha menciptakan suatu sistem politik yang benar-benar demokratis, stabil, dinamis, efektif dan efesien.