Media Israel Soroti Penutupan Holywings Gegara ‘Muhammad’ Dan ‘Maria’

Skripsi ini mengkaji Implikasi Pengiriman Kontingen Garuda ke Vietnam Terhadap Politik Luar Negeri Indonesia Tahun 1973-1975. Penelitian menggunakan pendekatan politik luar negeri yang menitikberatkan terhadap hubungan-hubungan dengan negara lain baik melalui birokrasi pemerintah maupun militer. Sejak berdiri sebagai negara yang berdaulat, pemerintah Indonesia telah menjalin interaksi dengan negara lain, baik dalam upaya memperoleh pengakuan kedaulatan dari negara lain maupun mempertahankan kemerdekaan dari ancaman negara lain. Taktik dan strategi tersebut biasanya unik, setiap negara mempunyai cara yang berbeda dengan negara lain. Kaidah tersebut ternyata memiliki celah longgar dimana sebuah rubrik bernama tajuk rencana justru memberikan kebebasan kepada setiap institusi media untuk menjadi sebyektif dan tidak netral. Pemberontakan ini tidak lepas dari dukungan negara-negara kawasan yang memanfaatkan situasi. Hal ini terlihat dari akun Twitter Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak. “Saya membantu menyampaikan informasi terkait akun Babe Haikal yang di-hacked pihak yang tak bertanggung jawab,” tulis Danhil Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi.

Teknik tersebut didasarkan pada informasi yang berasal dari telaah sumber-sumber referensi literatur seperti jurnal, buku, artikel berita, dokumen, dan penelitian sebelumnya. Penulis akan mendeskripsikan atau menjelaskan peristiwa atau fenomena yang terjadi di Republik Afrika Tengah dengan berupaya mengumpulkan informasi tentang dinamika sistem politik di Republik Afrika Tengah dari sumber-sumber terkait. Dengan ini, ane menyatakan akan mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Arah politik luar negeri Turki era Presiden Recep Tayyip Erdogan adalah inti dari penelitian ini, dimana pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan pengumpulan data menggunakan studi pustaka, dengan analisis data kualitatif yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Namun kondisi politik yang terjadi justru saling mempertontonkan perebutan kekuasaan secara tidak sehat. Pembebasan dari kewajiban tertentu kepada pihak-pihak yang tidak disebutkan dalam Pasal 16 hanya dapat diberikan oleh Pemerintah atas dasar kasus demi kasus, demi kepentingan nasional, dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan nasional. Penelilitian ini dilatarbelakangi oleh perebutan kekuasaan di Vietnam membawa ketegangan di Asia Tenggara. Kontingen Garuda ke Vietnam terhadap politik luar negeri Indonesia tahun 1973-1975? Padahal sejatinya dalam kehidupan politik memerlukan pemikiran yang cerdas serta kerja keras, bukan hanya asal gilas.

Hasil penelitian menunjukkan kepatuhan maksim pada prinsip kerja sama dan sopan santun lebih banyak daripada yang pelanggaran maksim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor lahirnya politik luar negeri bebas aktif Indonesia karena terjadi pertentangan ideologi antara kedua blok besar sehingga Indoneisa mencari jalan tengah untuk tidak memihak, kondisi dalam negeri juga sangat mempengaruhi karena terjadinya inflasi yang tidak terkontrol dan perlunya bantuan dari luar negeri, kemudian kondisi politik luar negeri pada pada masa Orde Lama menemui beberapa masalah karena melakukan konfrontasi dan keluarnya Indonesia dari PBB, sedangkan kondisi politiik luar negeri pada masa Orde Baru merupakan antitesa dari politik luar negeri Orde lama. “Soal kepentingan utama Presiden Jokowi untuk kemudian bersikeras mengunjungi dua negara itu tidak lain dan tidak bukan tentu upaya Presiden Jokowi untuk membuat satu legacy kepada masyarakat Indonesia, tentu saja dunia di akhir periode jabatannya bahwa Indonesia politik luar negerinya adalah bebas aktif dan non-blok,” kata Iqbal. Politik luar negeri adalah sebuah peraturan suatu negara untuk mengatur hubungan dengan negara lain bertujuan untuk kepentingan nasional negara tersebut dalam lingkup dunia internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor lahirnya politik luar negeri bebas aktif Indonesia, kondisi politik luar negeri pada masa akhir Orde Lama dan Awal Orde Baru, dan pelaksanaan politik luar negeri Indonesia masa awal Orde Baru.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi politik luar negeri Arab Saudi terhadap Iran tahun 2015-2018. Hubungan antara Arab Saudi dan Iran yang selalu diwarnai dengan ketegangan dan konflik tentunya membutuhkan strategi dari Arab Saudi sebagai upaya memenangkan persainganya dengan Iran. Dengan itu, umat Islam bisa mendapatkan kesuksesan politik di kancah internasional seperti yang pernah diraih oleh nabi di zamannya. Diantaranya,kajian peluang yang ditawarkan oleh format riset observasi,wawancara,riset,sumber dokumen dan riset media. Pengumpulan data dilakukan dengan survei online untuk menjangkau subjek yang lebih luas. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah bersifat kualitatif dengan teknik analisa deskriptif-eksplanatif dengan teknik pengumpulan data melalui liberary research. Dalam hal ini,data kualitatif dapat dianalisis dalam berbagai format. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Implementasi dari politik luar negeri pro rakyat ini tampak dalam program untuk melindungi WNI di luar negeri termasuk para pekerja migran. Hipotesis dalam penelitian ini adalah keterlibatan perancis dan negara kawasan Afrika Tengah dalam mempertahankan pengaruh dan kepentingannya di RAT mengetahui bagaimana masa transisi pembangunan sistem politik di Republik Afrika Tengah melalui rekruitmen politik, partisipasi politik, dan pembagian kekuasaan.