ANALISIS KALIMAT EFEKTIF PADA BERITA POLITIK DI HARIAN GORONTALO POST

Kebijaksanaan politik luar negeri Indonesia bakal tentukan kwalitas interaksi Indonesia dengan beberapa negara lain di dunia. 2. Negara lndonesia ingin bersahabat dengan negara-negara lain atas dasar saling menghargai dan tidak akan mencampuri urusan dalam negeri negara lain. Pendekatan penelitian yang penlis gunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriftif yang berupa kata-kata tertulis atau isan dari orang-orang dan perilaku yang diminati.metode deskriptif adalah penelitian yang memaparkan situasi atau peristiwa, dimana pada hakikatnya metode deskriptif ini adalah mengumpulkan data-data. Kata Kunci : Jenis Afiks, Kesinoniman Verba Berafiks, dan Implikasi Pembelajaran Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dan fungsi kesinoniman verba berafiks dalam berita politik edisi Desember 2018, serta mendeskripsikan implikasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Karena, dalam era informasi, dengan hadirnya media-media massa, bahasa jurnalistik menjadi bahasa yang paling intensif digunakan dan dijumpai masyarakat. Pertama,dewasa ini politik berada di era medialis (politics in the age of mediation), yakni media massa, sehingga hampir mustahil kehidupan politik dipisahkan dari media massa. Malahan para akltor politik senantiasa berusaha menarik perhatian wartawan agar aktivitas politiknya memperoleh liputan dari media. Peristiwa politik selalu menarik perhatian media massa sebagai bahan liputan.

APRIZAL, APRIZAL and Arsyad, Jamaluddin and Wahyuni, Mila (2021) KUALITAS BAHASA BERITA MEDIA ONLINE ANTARA NEWS JAMBI (STUDI PEMBERITAAN POLITIK PEMILIHAN WALIKOTA JAMBI 2018). Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Berita biasanya dikelompokkan menjadi beberapa kategori seperti olahraga, politik, pendidikan dan kesehatan Meskipun beberapa portal berita online telah mengelompokkan berdasarkan kategori-kategori berita, namun pengelompokan tersebut masih bersifat umum. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik kualitatif dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) Membaca seluruh berita politik, olahraga dan ekonomi di surat kabar harian luwuk post bulan Maret 2014. Teknik ini dilakukan untuk mengetahui variasi modus dalam setiap berita yang ada dalam setiap edisi, (2) Mengidentifikasi variasi modus dalam wacana politik, ekonomi dan olahraga dalam surat kabar harian luwuk post, (3) Mengklasifikasi jenis-jenis modus yang terdapat pada surat kabar harian luwuk post khususnya pada berita politik, olahraga dan ekonomi, (4) Menganalisis variasi modus pada wacana politik, ekonomi dan olahraga, dan (5) Menyimpulkan hasil analisis. ABSTRAK Suleman, Jubaedah. 2014. Variasi modus dalam Wacana Berita Politik, Ekonomi dan Olahraga di Surat Kabar Harian Luwuk Post. Tujuan Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dan mendeskripsikan variasi modus dalam wacana politik, ekonomi dan olahraga di surat kabar harian Luwuk Pos.

Dalam hal ini untuk mendapatkan gambaran dan menguraikan variasi modus dalam wacana politik, ekonomi dan olahraga pada surat kabar harian Luwuk Post bulan maret 2014. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut diperlukan data berupa kalimat-kalimat yang terdapat pada berita politik, ekonomi dan olahraga dalam surat kabar harian Luwuk Pos.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Menurut Soeharto, stabilitas ekonomi tidak dapat terlaksana tanpa stabilitas keamanan dalam negeri dan di tingkat regional. Adapun manfaat korelasi internasional pada bidang politik yaitu memudahkan pemerintah mendorong bantuan hukum bagi WNI yang berada pada luar negeri, mendorong terciptanya stabilitas wilayah, mudahnya membentuk reputasi internasional yang baik, serta memudahkan pemerintah menjalin relasi diplomatik dengan negara lain. Urut 1 dengan persentase 36% yang mana berada pada tingkat yang lemah, dan 64% dapat dipengaruhi oleh faktor lain. “Ini kalau kita meletakkan persepsi simpati dan empati kepada Rusia, Putin tentu sangat gelisah terhadap ekspansi NATO ini dan tentu ini yang saya maksud bahwa tidak mudah presiden dengan modal misi perdamaian dan sebagai presidensi G20 untuk mendamaikan Putin dan Zeleynski,” kata Iqbal. Tujuan perdamaian global merupakan asas kehidupan manusia. Tata cara pergaulan internasional tersebut sama halnya dengan manusia di dunia ini.

Pertama, pada kepatuhan maksim kerja sama ditemukan bentuk kepatuhan 1 maksim, kepatuhan 2 maksim, kepatuhan 3 maksim, dan kepatuhan 4 maksim, pelanggaran maksim kerja sama meliputi pelanggaran 1 maksim, pelanggaran 2 maksim, dan pelanggaran 3 maksim. Parameter kesantunan pada berita dikelompokkan menjadi 4 tingkatan yaitu santun, cukup santun, kurang santun, dan tidak santun. Adapun pada parameter kesantunan, komentar dengan kategori santun jika di dalamnya terdapat pelanggaran maksim sebesar 0-25%, komentar dikategorikan cukup santun jika di dalamnya terdapat pelanggaran maksim sebesar 26-50%, komentar dengan kategori kurang santun jika terdapat pelanggaran sebesar 51-75%, dan komentar dengan kategori tidak santun jika di dalamnya terdapat pelanggaran sebesar 76-100 % atau komentar pendek yang sudah dikategorikan melanggar salah satu maksim kesantunan. Kedua, peristiwa politik dalam bentuk tingkah laku dan pernyataan para aktor politik lazimnya selalu mempunyai nilai berita sekalipun peristiwa politik itu bersifat rutin berkala, seumpamanya rapat partai atau pertemuan seorang tokoh politik dengan para pendukungnya. Hubungan antara media dan politik sudah berlangsung lama, terutama dalam hubungannya dengan pernyataan para negarawan dan pemimpin partai politik yang mempengaruhi opini publik. Urut 1. Sebagai media yang juga berbasis di media sosial, Republika Online memiliki followers yang banyak.